Pengertian Dari e-IPO, Keunggulan Serta Cara Registrasi Dan Pemesanan e-IPO

0 Comments
e-IPO

Secara istilah, e-IPO dengan IPO memiliki istilah yang mirip yang ada pada proses IPO. Electronic Indonesia Public Offering atau disingkat e-IPO adalah sarana elektronik dan digital untuk mendukung proses penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering  atau IPO) suatu perusahaan kepada publik. Sistem dari e-IPO ini baru diterapkan pada awal tahun 2021 yang lalu. Proses dari e-IPO sendiri ini dilakukan sebelum saham Perusahaan dicatatkan & mulai diperdagangkan secara terbuka pada Bursa Efek Indonesia (BEI).

Penawaran Umum Saham Perdana atau IPO ini adalah proses penawaran saham perdana suatu perusahaan secara terbuka pada public atau istilahnya merupakan pasar perdana, pada mana nantinya para investor yang berminat akan mampu melakukan pemesanan atas saham yg ditawarkan pada pasar perdana.

Tujuan dari penggunaan sistem e-IPO antara lain yaitu meningkatkan kemudahan akses investor untuk berpartisipasi dalam Pasar Perdana dan meningkatkan kesempatan investor dalam memperoleh alokasi penjatahan. Tujuan yang lainnya yaitu dapat memperluas pastisipasi perusahaan efek sebagai selling agent dalam proses penawaran umum, serta meningkatkan likuiditas perdagangan saham di pasar sekunder pasca penawaran umum.

 

Pengertian Electronic Indonesia Public Offering (e-IPO)

e-IPO atau Electronic Indonesia Public Offering adalah sarana digital untuk mendukung proses penawaran umum saham perdana kepada masyarakat umum atau publik. Di dalam sistem milik e-IPO berisi tentang perusahaan yang akan Initial Public Offering. Selain tentang perusahaan yang akan IPO, ada juga informasi tentang harga, jangka waktu penawaran, dan prospectus. Selain itu sebagai investor pun dapat melihat daftar perusahaan yang akan IPO mulai masa bookbuilding (masa penawaran awal).

 

Keunggulan e-IPO dibandingkan dengan IPO

e-IPO memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan pendahulunya yaitu IPO. Berikut ini keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh e-IPO dibandingkan dengan IPO, informasi berdasarkan idxchannel.com.

  • Informasi yang disampaika transparan jika menggunakan e-IPO. e-IPO ini memberikan kemudahan bagi para investor untuk megikuti pembelian saham perdana suatu emiten. Nantinya, para investor bisa melihat bahwa perusahaan yang sedang melakukan Initial Public Offering atau IPO  mulai dari tahap publikasi, masa penawaran awal, masa penawaran umum, masa penjatahan, bahkan hingga akhirnya investor berhasil mendapatkan saham emiten terkait.
  • Agen penjual yang akan terus lebih banyak, seperti sekuritas yang saat ini banyak menawarkan kemudahan lewat aplikasi mereka.
  • Investor memiliki kesempatan yang sama untuk membeli saham IPO.

Cara Registrasi dan Pemesanan e-IPO

Untuk Anda yang ingin memesan e-IPO, berikut ini caranya dikutip dari laman idxchannel.com

  1. Klik laman : https://e-ipo.co.id.
  2. Kemudian klik “Registrasi” dan masukkan alamat email.
  3. Pilih “Investor Type”
  4. Pilih antara individual atau institusi.
  5. Isi data diri dengan benar.
  6. Simpan data dan register, kemudian lanjut ke registrasi dengan melakukan autentikasi melalui email yang telah didaftarkan.
  7. Klik tautan autentikasi di email Anda, dan dilanjutkan dengan memasukkan kode OTP yang telah dikirimkan.
  8. Masukkan password.
  9. Klik “+Broker”.
  10. Pilih Broker yang dituju, baik yang sudah memiliki rekening ataupun belum.
  11. Pilih registrasi SID/SRE bagi yang telah memiliki atau baru bagi yang belum.
  12. Setelah partisipan sistem melakukan verifikasi investor, maka investor sudah dapat Login dan menyampaikan minat atau pesanan ke Sistem e-IPO. (SNP)

 

Itu tadi pengertian dari e-IPO, keunggulan, serta cara registrasi dan pemesananya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *