Cari Investor untuk Bisnis Kecil Tidak Mustahil, Ini Caranya

0 Comments

Siapa pun bisa cari investor untuk menjalankan bisnisnya, bahkan bisnis kecil sekali pun. Namun kita sering kali terjebak arti investor yang kurang tepat. Mendengar kata investor, seolah itu adalah ‘mainan’ bisnis yang sudah besar, mapan, dan maju.

Seolah-olah, investor hanya bisa diperoleh oleh perusahaan-perusahaan besar yang melantai di pasar modal. Tentu saja tidak demikian. Sederhana saja, investor adalah pihak yang akan menanamkan modal, baik individu maupun organisasi, kelompok, atau perusahaan.

Misalnya, Pak Anto, pedagang soto, berinisiatif membangun kerja sama dengan temannya, Pak Budi. Pak Budi hanya perlu memberikan dana sebesar Rp1 juta yang dijadikan tambahan modal untuk bisnis soto Pak Anto. Nantinya, Pak Budi berhak atas bagian laba bisnis soto sesuai modal yang diberikannya. Pak Budi dapat disebut sebagai investor.

Jika kamu punya bisnis dan ingin tambahan modal untuk mengembangkan usaha atau membangun bisnis, cari investor adalah salah satu solusi. Kamu bisa cari investor dari orang-orang terdekat, atau sesama pebisnis. Lalu bagaimana cara sukses cari investor untuk bisnismu?

Pilihan Calon Investor

Di luar sana, banyak pihak yang memiliki kelebihan dana dan siap membantumu mengembangkan bisnis. Kamu tinggal memilih jenis investor yang sesuai untuk memenuhi kebutuhanmu. Selanjutnya, kamu perlu berupaya meyakinkan calon investor untuk bersedia bekerja sama denganmu. Berikut jenis-jenis investor yang dapat kamu pertimbangkan untuk pengajuan proposal bisnis:

Investor Pribadi

Untuk mereka yang baru saja memulai bisnis, mungkin mendapatkan modal adalah hal yang tidak mudah. Pebisnis pemula harus mampu meyakinkan pemberi pinjaman akan prospek bisnisnya. Selain itu, jika mengajukan pinjaman modal usaha ke bank, cicilannya akan terasa berat karena bank akan mengenakan bunga pinjaman yang tinggi.

Dengan memilih investor pribadi, pebisnis pemula bisa mendapatkan fleksibilitas dalam hal pengaturan cicilan dan pinjaman. Pebisnis juga dapat memilih investor yang memiliki minat di bisnis yang sama. Sistem kerja sama yang dilakukan dapat berupa sistem bagi hasil, kongsi, atau kerja sama dalam bentuk lainnya.

Modal Ventura

Pendanaan dari modal ventura juga sesuai untuk pebisnis kecil yang baru saja memulai usahanya. Biasanya investor modal ventura akan mencari bisnis kecil tetapi memiliki prospek keuntungan besar dalam jangka pendek, biasanya 2 tahun hingga 3 tahun.

Modal ventura biasanya memberikan modal dalam bentuk ekuitas sehingga pemilik usaha mikro akan kehilangan sebagian kepemilikan atas usahanya. Namun, sisi untungnya, pemilik bisnis tidak perlu mengembalikan dana modal yang telah diberikan.

Investor Malaikat (Angel Investor)

Istilah angel investor kini kerap muncul seiring bertumbuhnya perusahaan-perusahaan rintisan baru. Selain memberikan modal dana, investor jenis ini juga memberikan panduan dan bimbingan hingga suatu bisnis mendapatkan kesuksesannya.

Karena itulah, angel investor biasanya mendekati perusahaan-perusahaan yang masih berkembang tetapi menunjukkan tren positif bahkan memiliki prospek keuntungan besar untuk menanamkan modal di perusahaan tersebut.

Equity Crowdfunding

Investor jenis ini akan mempunyai kepemilikan perusahaan, biasanya salam bentuk saham. Karena jumlah investornya bisa sangat banyak, masing-masing investor tidak harus memberikan modal dalam jumlah besar. Perusahaan juga tidak harus mengembalikan modal kepada investor tetapi memberikan pembagian laba atau dividen.

Peer-to-Peer Lending (P2P)

Pilihan lainnya untuk memperoleh pendanaan adalah dari peer-to-peer lending atau P2P. Di P2P, kamu bisa menemukan banyak investor yang siap memberikan pinjaman modal dengan ketentuan yang telah disepakati. Kelebihan mencari modal di p2p lending umkm adalah kamu bisa menyesuaikan besaran pinjaman dan jangka waktu pelunasan sesuai kemampuan. Bunga pinjaman pun disesuaikan dengan skor kreditmu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan modal bisnis dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *