Begini Tahapan Dan Prosedur Bypass Jantung Di Rumah Sakit Jantung

0 Comments
rumah sakit jantung

Bypass jantung menjadi salah satu jenis penanganan jantung koroner yang banyak digunakan. Sangat penting bagi calon pasien untuk memahami hal hal yang berhubungan dengan pelaksanaan tindakan yang akan diperoleh. Untuk itu, yuk simak ulasan terkait dengan tahapan dan prosedur operasi bypass jantung di rumah sakit jantung sebagai berikut.

Daftar Tahapan Serta Prosedur Saat Bypass Jantung di Rumah Sakit Jantung

1. Pertama Perlu Dibuka Jalan ke Jantung

Nah untuk membukanya anda akan melalui proses anestasi pada umumnya sebelum anda melalui proses operasinya. Proses tersebut dilakukan agar pasien tidak merasakan sakit saat proses pembedahan. Setelah itu barulah semuanya dimulai saat dokter membuat sayatan di bagian tengah dada dan membuka tulang rusuk. Langkah ini dilakukan agar tenaga medis bisa mengakses jantung dengan leluasa.

Meskipun begitu pada bypass jenis tertentu pembukaan tulang dada tidak perlu dilakukan. Yang hanya perlu dokter lakukan adalah membuat sebuah sayatan di tengah rusuk kanan dan kiri untuk bisa mengakses area jantung. Prosedur ini memerlukan bantuan robot dan kamera kecil sehingga dokter dapat melihat area pembuluh darah yang tersumbat dengan baik selama operasi.

2. Memasang Mesin Sirkulasi Darah

Pada prosedur bypass tradisional, jantung akan sengaja diberhentikan menggunakan obat tertentu selama proses operasi. Oleh karena itu sangat diperlukan alat yang dapat tetap memutarkan darah ke seluruh tubuh. Alat ini kemudian disebut dengan mesin bypass jantung paru paru. Perangkat tersebut sudah menjadi device andalan setiap rumah sakit jantung.

Hal tersebut sudah menjadi prosedur yang wajib dilakukan agar tidak terjadi kerusakan organ selama operasi. Perlu anda pahami bahwa semua organ dan sel dalam tubuh memerlukan pasokan aliran darah yang memadai. Sehingga adanya mesin ini akan mempermudah jantung untuk berfungsi lebih baik.

3. Menentukan Pembuluh darah yang Sehat Lalu Mengambilnya Untuk Pengganti

Bypass jantung dilakukan dengan mengganti pembuluh darah yang tersumbat dengan menggunakan pembuluh darah yang sehat. Langkah ini dilakukan karena memang sejatinya dokter harus membuatkan jalan baru agar aliran darah tetap berjalan dengan lancar. Nah adanya pembuluh darah yang bagus dan sehat bisa dokter temukan di paha maupun tangan anda.

Tentu saat memutuskan untuk mengambil pembuluh darah dokter akan mempertimbangkannya dengan baik karena organ inilah yang akan mensuport aliran darah pada jantung. Entah itu sifatnya hanya sebagai penyambung atau menggantikan total, keduanya sama sama penting terhadap keberhasilan bypass jantung.

4. Menjahit Kembali Sayatan

Dokter di rumah sakit jantung tempat anda melakukan bypass akan menutup kembali akses jantung setelah semuanya selesai. Tahapan ini tidak kalah penting karena proses penutupan bekas operasi yang tidak baik akan berakibat fatal. Berbagai kemungkinan infeksi dan komplikasi dapat terjadi. Apabila semuanya sudah beres pasien akan dipindahkan ke ICU.

Secara singkat begitulah tahapan dan prosedur yang akan dilaksanakan apabila anda melakukan operasi bypass jantung. Setiap langkah akan dilakukan dengan baik agar proses penyembuhan pasien bisa berjalan dengan optimal. Oleh karena itu, anda harus menjaga kondisi dengan baik baik sebelum dan sesudah tindakan agar kesehatan bisa kembali pulih dengan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *