Apa Itu Over Kredit dan Bagaimana Caranya?

0 Comments
harga mobil baru

Semua orang tahu bahwa harga mobil baru kini kian meroket. Maka demi bisa memenuhi kebutuhan kendaraan pribadi, banyak orang yang menggunakan kredit kendaraan agar bisa membeli mobil. Selain kredit mobil baru, ada pula yang memanfaatkan fasilitas over kredit.

 

Bagi Anda yang belum tahu apa itu over kredit, simak penjelasannya di bawah berikut.

 

Pengertian over kredit

Over kredit atau take over kredit adalah pengambilalihan cicilan kredit dari pihak pemilik mobil kepada calon pembeli. Biasanya cara ini dilakukan karena pemilik mobil tidak dapat melanjutkan cicilan atau ingin ganti mobil baru namun cicilan masih berjalan. Jadi kewajiban mencicil inilah yang akan diteruskan kepada calon pembeli hingga tenornya selesai.

 

Biasanya, pemilik mobil akan mendapatkan uang kompensasi atas uang muka dan cicilan yang sebelumnya sudah dibayarkan. Jika kedua pihak sama-sama setuju, maka over kredit dijalankan dengan si calon pembeli melanjutkan cicilan mobil. Pemilik mobil pertama pun sudah tidak ada wewenang apapun mengenai mobil dan tidak memiliki kewajiban untuk membayar cicilan.

 

Cara over kredit

Untuk melakukan over kredit, terdapat beberapa cara yaitu perjanjian dengan pihak leasing dan dengan di bawah tangan. Untuk perjanjian di bawah tangan memang lebih cepat, namun tidak terjamin dan tidak memiliki badan hukum yang kuat, sehingga sangat tidak disarankan. Lalu bagaimana dengan take over melalui leasing?

 

Kedua pihak yaitu pemilik mobil dan calon pembeli harus hadir bersama dengan membawa kendaraan dan dokumen sebagai syarat keperluan verifikasi data. Nantinya mereka akan sama-sama mengecek berapa angsurannya, tenor, hingga denda jika ada keterlambatan pembayaran. Pihak leasing akan membantu untuk memberikan info tersebut agar lebih akurat dan transparan.

 

Calon pembeli wajib memenuhi dokumen persyaratan, seperti KTP dan KK, struk rekening listrik dan telepon, rekening tabungan, slip gaji, dan NPWP. Lalu setelah pihak leasing menyetujui, maka kedua belah pihak akan menandatangani beberapa dokumen seperti akad kredit baru dengan nama debitur baru, biaya notaris, dan biaya lain.

 

Biasanya cara ini tidak akan memakan waktu lama, kurang lebih dua hingga tiga hari saja. Walaupun terlihat mudah, ada hal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan over kredit, seperti asuransi kendaraan akan gugur.

 

Hal ini dikarenakan perjanjian asuransi mengandung nama dari pemilik pertama dan tidak ada hubungannya dengan pihak kedua alias si calon pembeli. Jadi karena berganti kepemilikan, pihak asuransi akan menolak asuransi pihak kedua. Satu hal lagi, saat membuat asuransi, tidak secara otomatis akan langsung berganti ke pemilik yang baru.

 

Jika Anda ingin melakukan over kredit, pastikan perusahaan tersebut memiliki kredibilitas baik dan bisa dipercaya. Kini sudah banyak perusahaan leasing yang menawarkan jasa terbaik, salah satunya adalah SEVA.

 

Platform pembiayaan dari Astra ini dapat membantu Anda untuk membeli mobil dengan cara mudah dan nyaman secara finansial, baik untuk mobil baru maupun over kredit. Tak hanya itu, Anda pun bisa membeli mobil secara online melalui website SEVA. Cukup ikuti saja langkah-langkahnya, Anda bisa mendapatkan mobil yang diinginkan.

 

Kemudahan membeli mobil juga didukung dengan fitur Instant Approval yang dapat membantu Anda untuk terlebih dahulu memeriksa kondisi finansial sebelum memberikan pilihan mobil baru yang sesuai kemampuan. Fitur ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan finansial yang lebih untuk Anda di masa depan hingga mobil yang dibeli dapat dimiliki sepenuhnya.

 

Yuk, beli mobil yang jelas hanya di SEVA.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *